MEKATRONIKA






welcome to my blog

Kamis, 03 November 2011

OPTIMALKAN KAMERA HP

Kamera di telepon seluler saat ini sudah menjadi standar. Artinya, keberadaan kamera dan tingkat kemampuannya menjadi salah satu indikator orang untuk membeli sebuah ponsel.
Meski demikian, masih banyak orang mengeluh hasil jepretan kamera ponsel belum memuaskan. Berikut ini beberapa tip agar hasil jepretan di kamera ponsel bisa membuat Anda tak perlu lagi membawa-bawa kamera saku.
1. Pencahayaan optimal
Semakin jelas obyek foto Anda, semakin bagus hasil jepretannya. Bila memungkinkan, memotretlah di luar ruangan. Bila tak mungkin, pakailah lampu kilat saat memotret di dalam ruangan. Bila Anda menyalakan sebagai pencahayaan tambahan, cahaya itu akan mempengaruhi foto, sehingga sebaiknya Anda bereksperimen dengan white balance untuk memperbaikinya. White balance itu seperti standar temperaturwarna sesuai dengan pencahayaan lingkungan untuk menghasilkan foto yang lebih alami, seperti cloudy (ketika mendung), sunny (di bawah terik matahari), dan tungsten (lampu bohlam rumah).
2. Dekati obyek
Bila terlalu jauh obyek foto akan kecil dan sulit dikenali karena rendahnya resolusi kamera ponsel. Tapi jangan terlalu dekat juga karena hasilnya akan blur atau kabur. Kebanyakan ponsel tak memiliki fitur makro seperti kamera saku.
3. Posisi Stabil
Semakin stabil posisi kamera, fotonya pun semakin jelas. Khususnya pada pencahayaan yang kurang. Salah satu triknya adalah letakkan ponsel di tempat yang tetap, seperti pohon, dinding, dan meja.
4. Jangan buang kekeliruan saat menyunting
Ketika menyunting foto di komputer, kadang-kadang kita bisa melihatbahwa gambar blur atau kesalahan foto yang lain kadang-kadang menarik. Biasanya kita mendapatkan efek abstrak atau bisa saja menjadi memiliki seni tersendiri.
5. Jangan pakai pembesaran digital
Pembesaran digital biasanya akan menurunkan kualitas foto. Bila ada fitur pembesaran lensa, itu lebih baik. Pembesaran lensa tidak akan memperbesar obyek foto dengan memperluas piksel seperti pada pembesaran digital.
6. Ikuti hukum komposisi, lalu pecahkan
Ikuti aturan komposisi dasar, seperti jangan letakkan obyek foto di tengah frame, tapi sepertiganya. Namun jangan lupa bahwa kadang-kadang keindahan kamera ponsel adalah ketika kita melanggar aturan itu. Lakukanlah pemotretan dari berbagai sisi: setinggi pinggang, dari lantai, dari atas sekali, atau dari dekat.
7. Lensa tetap bersih
Ponsel sering ada di saku, tas, atau sering digunakan. Lensanya bisa kotor dan rusak. Selalu bersihkan lensa menggunakankain lembut, seperti kain pembersih kacamata.
8. Pakai resolusi paling tinggi
Semakin tinggi resolusinya, semakin jelas fotonya. Meski begitu, ingatlah bahwa semakin tinggi resolusinya, semakinbesar ukuran berkas, semakin lambat ia dikirim melalui jaringan.
9. Pakai lensa tambahan
Untuk Anda yang menggunakan ponsel Apple iPhone. Anda bisa memanfaatkan lensatambahan Photojojountuk menghasilkan foto yang jauh lebih berkualitas. Dudukan lensa Photojojo adalah sebauah case aluminiumuntuk iPhone. Di dalamnya ada penyaring cahaya ultraviolet dan adaptor untuk lensa. Anda bisa memasang lensa apapun seperti tele, lensa lebar, dan makro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar